Apa itu Promosi?
Dalam suatu perusahaan banyak aktifitas yang dilakukan, tidak hanya menghasilkan, menetapkan harga dan menjual produk atau jasanya, tetapi banyak aktivitas lainnya yang saling berkaitan satu dengan lainnya, salah satunya adalah promosi. Melalui promosi, produsen mengharapkan adanya kenaikan angka penjualan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Sebab itulah promosi dianggap sangat penting oleh sebuah perusahaan.
Menurut Michael Ray (Morissan, 2010:16) menyatakan bahwa :
promosi adalah koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan. Sehingga promosi dianggap sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan oleh perusahaan maupun perantara dengan tujuan memberikan informasi mengenai produk. Informasi yang terkandung dalam promosi tersebut biasanya adalah bujukan atau mengingatkan kembali kepada konsumen tentang produk.Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat, dengan tujuan supaya produk atau jasa, merek dan nama perusahaan dapat dikenal masyarakat sekaligus mempengaruhi masyarakat supaya mau membeli serta menggunakan produk atau jasa perusahaan.
Promosi yaitu kegiatan dari pemasaran maupun penjualan dalam rangka untuk meninformasikan dan mendorong permintaan konsumen terhadap produk atau jasa dari suatu perusahaan dengan mempengaruhi konsumen supaya membeli produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.
Promosi merupakan cara yang dilakukan oleh pemasar untuk meninformasikan dan mempengaruhi para konsumen atau masyarakat sehingga dapat tertarik untuk membeli serta menggunakan produk ataupun jasa yang dipasarkannya.
Menurut wikipedia:
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.Promosi yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meyampaikan informasi mengenai produk atau jasa kepada pasar, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dikenal dan mendorong konsumen untuk membeli serta menggunakannya. Promosi juga sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk tersebut dapat diperolehnya.
Itulah beberapa penjelasan promosi, teman-teman dapat memilih yang mana saja karena jika diperhatikan semuanya memiliki inti atau maksud yang sama.
Tujuan Promosi :
Adapun tujuan dari promosi yang diantaranya sebagai berikut ini:
- Untuk menyebarkan informasi produk atau jasa perusahaan kepada pasar.
- Untuk memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen. Jadi konsumen tetap setia untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan.
- Untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat.
- Untuk memberi pembeda dan mengunggulkan produk perusahaan dibanding dengan produk para pesaing.
- Dan untuk membentuk citra produk ataupun jasa dan nama perusahaan dimata para konsumen.
Promosi dan Periklanan :
Iklan merupakan salah satu unsur dalam promotional mix. Kotler dan Keller menyebutkan bahwa promosi dapat menjadi lebih efektif bila digabungkan dengan iklan. Iklan dapat didefinisikan sebagai tiap bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu organisasi, produk, servis, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui (Morissan, 2010:17).
Kotler dan Keller juga menjelaskan bahwa iklan merupakan suatu tugas komunikasi tertentu dengan tingkat pencapaiannya harus diperoleh pada audiens tertentu dalam kurun waktu tertentu. Beberapa tujuan dari iklan, yaitu:
a. Iklan Informatif
Iklan informatif dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan
tentang produk baru atau ciri baru produk yang sudah ada.
b. Iklan Persuasif
Iklan persuasif dimaksudkan untuk menciptakan kesukaan, preferensi,
keyakinan dan pembelian suatu produk atau jasa.
c. Iklan Pengingat
Iklan pengingat dimaksudkan untuk merangsang pembelian produk dan jasa kembali.
d. Iklan Penguatan
Iklan penguatan dimaksudkan untuk meyakinkan pembeli sekarang bahwa mereka telah melakukan pilihan yang tepat.
Bauran promosi (Promotional Mix)
Yang dimaksud dengan buruan promosi adalah gabungan dari berbagai macam jenis promosi untuk produk atau jasa yang sama supaya hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat membuahkan hasil semaksimal mungkin. Sebelum melakukan kegiatan promosi alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan perencanaan sebaik mungkin yang mencangkup buruan promosi sebagai berikut ini:
- Iklan, misalnya seperti meniklankan pada radio, koran, majalah, bilboard dan lain-lain.
- Promosi dari mulut ke mulut secara positif, karena cara ini merupakan salah satu cara promosi yang baik.
- Promosi dengan penjualan, misalnya seperti membagikan sample, ikut serta dalam pameran di pasar yang di targetkan dan lain-lain.
- Publisitas positif semaksimal mungkin dari pihak-pihak eksternal.
- Public relation yaitu mengupayakan produk yang dijual diterima oleh masyarakat dan Personal selling yaitu penjulan yang dilakukan dengan cara bertatap mukan langsung.
Media Promosi :
Media promosi pada umumnya dapat dibagi menjadi Above the line (ATL) dan Below the Line (BTL). Menurut Amalia E. Maulana (2008) mengatakan bahwa sebenarnya istilah ‘line’ (garis) dalam ATL dan BTL itu berawal dari kategorisasi dalam neraca keuangan. Kategori pertama berlaku bagi kegiatan pemasaran yang kena komisi biro iklan, ini dimasukkan dalam ‘cost of sales’ dan dikurangi sebelum gross profit. Kategori kedua untuk kegiatan pemasaran non iklan yang tidak kena komisi, biayanya dimasukkan dalam biaya operasional dan dikurangi sebelum ditentukan net profit. Kedua jenis budget tersebut dipisahkan dengan sebuah garis (line), yang mengandung unsur komisi. Ditulis di bagian atas neraca, disebut sebagai above the line (ATL). Sisanya dijadikan satu dibawah garis tadi, yang disebut kelompok below the line (BTL). Perbedaan ATL dan BTL dapat dilihat pada tabel dibawah.
credit image:
http://snd1.org/wp-content/uploads/2013/07/Brazil_WYD_w550_02.jpg
credit content:
http://www.pengertianku.net/2015/12/pengertian-promosi-dan-tujuannya.html
http://amaliamaulana.com/popular-article/the-end-of-the-line-mengakhiri-penggunaan-istilah-atl-vs-btl/